Paket Internet Murah Kartu As Unlimited

Kemunculan gadget canggih berupa smartphone atau tablet PC memberi pengaruh pada meningkatnya jumlah pengakses internet di Indonesia. Kian banyaknya smartphone yang dijual di Indonesia dengan harga yang kian murah ikut mendorong pertumbuhan kebutuhan data. Pada tahun 2015 ini diperkirakan ada sekitar 100 juta pengakses internet di Indonesia yang kebanyakan menggunakan ponsel. Dalam mengakses dunia maya ini masyarakat menggunakan layanan paket data yang ditawarkan oleh beberapa operator telekomunikasi di tanah air. Telkomsel adalah operator dengan jumlah pengguna internet terbanyak dengan sebagiannya menggunakan kartu As.


Kartu As selain memberikan pilihan tarif murah untuk komunikasi nelpon dan SMS, juga menyediakan paket internet murah. Paket internet murah kartu As yang dinamakan dengan paket internet Flash Optima ini bersifat unlimited atau tanpa batasan penggunaan. Dengan begitu pengguna akan lebih leluasa dalam menggunakan akses data hingga berakhir masa aktif paket. Pengguna yang akan mengaktifkan paket internet murah kartu As disarankan untuk mengecek dulu tarif untuk wilayah mereka. Untuk diketahui, paket internet ini memberlakukan pembagian zona tarif menjadi 12 wilayah. Untuk tarif paling murah dikenakan pada zona 1 sementara paling mahal dikenakan di zona 12.

Sebagai gambaran, berikut tarif yang diberlakukan untuk para pelanggan kartu As di kota Denpasar yang masuk dalam zona 1. Untuk paket dengan durasi penggunaan 1 hari pengguna diberikan 2 pilihan : kuota 40 MB dengan tarif Rp.6.000 dan kuota 85 MB dengan tarif Rp.11.000. Untuk paket dengan durasi penggunaan 14 hari hanya ada pilihan paket dengan kuota 500 MB dengan tarif Rp.60.000 dan terakhir untuk paket dengan durasi penggunaan 30 hari menyediakan kuota 2 GB dengan tarif Rp.130.000.

Kuota data yang diberikan di atas berfungsi sebagai kuota batas penggunaan (FUP, Fair Usage Policy) yang mengandung pengertian jika kuota tadi habis digunakan maka ketentuannya kecepatan akses akan diturunkan menjadi hanya 16 Kbps saja. Pengguna tetap bisa melakukan akses internet sampai masa aktif berakhir tanpa ada biaya tambahan sama sekali. Namun bila pengguna menginginkan kecepatan akses bisa kembali ke kecepatan semula, mereka bisa membeli paket Flash Turbo. Paket Flash Turbo akan mengembalikan kecepatan ke semula dengan tarif mulai Rp.25.000 (500 MB), Rp.50.000 (1,2 GB) dan Rp.100.000 (2,5 GB).

Cara mengaktifkan paket internet murah kartu As ini dengan mengakses menu UMB di *363# dan pilih Flash Optima - Kuota Based. Pembelian paket bisa dilakukan via online dengan membuka www.telkomsel.com/infoflash atau menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Sementara untuk pengaktifan paket Flash Turbo cukup dengan mengirimkan SMS : Turbo(spasi)harga misalnya : Turbo 50000 dan dikirimkan ke 3636.