Pilihan Cara Mengaktifkan GPRS XL

GPRS adalah teknologi jaringan yang digunakan di ponsel dimana pengiriman dan penerimaan data berbentuk paket data. Dengan GPRS maka sebuah ponsel bisa mengakses data yang disajikan oleh website di internet. Sebuah ponsel agar bisa tersambung ke internet maka fitur GPRS di dalamnya harus dalam kondisi aktif. Seperti para pengguna kartu XL supaya bisa menggunakan paket internet yang dibelinya maka ponsel yang digunakan harus disetting dulu GPRS-nya. Cara mengaktifkan GPRS XL bisa dilakukan manual atau lewat SMS.

Saat pengguna pertama kali memasukkan kartu XL ke ponsel baru dimana setting GPRS belum dilakukan maka sistem akan secara otomatis mengirimkan pesan dari 96677 isinya : "XL Axiata segera mengirimkan konfigurasi setting WAP Browsing GPRS and MMS GPRS. Mohon terima konfigurasi setting berikut. Gunakan PIN 1111". Namun jika pengguna tak menerima setting otomatis dari XL maka bisa mengaktifkan GPRS XL lewat SMS atau secara manual. Cara mengaktifkan GPRS XL lewat SMS cukup dengan mengetikkan : GPRS merk tipe kirimkan ke 9667 misalnya : GPRS NOKIA N73.  Sementara merek Sony Ericcson ditulis SE misalnya : GPRS SE W830i. Sesudah mengirimkan SMS maka segera akan mendapatkan SMS balasan dari XL seperti di atas.

Akan tetapi jika cara mengaktifkan GPRS XL lewat SMS masih juga gagal, pengguna bisa melakukannya secara manual. Pertama masuk ke menu pengaturan internet dan setting parameternya seperti berikut ini :

    User name : xlgprs
    APN : www.xlgprs.net
    Password : proxl
    IP Address : 202.152.240.50
    Homepage : http://wap.lifeinhand.com/
    Data Bearer : GPRS
    Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)
    Prompt Password : No
    Authentication : Normal
    Phone IP address : Automatic
    Primary name server : 0.0.0.0
    Secondary name server : 0.0.0.0

Sesudah seluruh parameter diisi dengan betul, simpan sebagai pengaturan internet. Jaringan GPRS mampu memberikan kecepatan antara 56 kbps hingga 115 kbps. Jika dibanding teknologi jaringan 3G atau 4G ini tentu tak ada apa-apanya, namun untuk sebuah ponsel kecepatan tersebut sudah memadai. Setelah teknologi GPRS selanjutnya muncul EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution. Jaringan EDGE dinamakan pula dengan teknologi 2.75G yang mampu memberikan kecepatan hingga 236 kbps. Untuk menggunakan jaringan EDGE pengguna pun perlu membuat setting GPRS sebab jaringan EDGE biasanya menjadi satu.